Info

Prakata

mohon maaf, blog ini masih dalam tahap belajar (newbie). jadi harap maklum kalau artikel-artikelnya kebanyakan dari copast sana-sini. nanum jika anda merasa ini adalah artikel anda, dan tidak ingin artikelnya di tampilkan di blog ini, silahkan berkomentar agar saya bisa menghapus artikelnya. sekali lagi saya mohon maaf dan terima kasih telah mampir di blog ini..

Jumat, 18 Februari 2011

Arah Kegiatan Pendidikan Anak

Dalam menyusun rencana kegiatan pendidikan di arahkan dalam 3 peran pendidikan anak usia dini.
1. Pendidikan sebagai proses belajar dalam diri anak
2. Pendidikan sebagai proses sosialisasi
Pendidikan bukan hanya mencerdaskan dan membuat anak terampil tetapi juga membuat anak menjadi manusia yang bertanggung jawab,beretika. Sehingga mempersiapkan anak mampu hidup sesuai dengan tuntutan zaman. Beri anak kesempatan untuk belajar secara optimal kapan saja dan dimana saja. jangan larang anak untuk belajar sesuatu karena bisa mematikan fungsi otaknya.
3. Pendidikan sebagai proses kerjasama peran
Dengan demikian anak akan mengetahui bahwa manusia adalah makhluk sosial.

Kegiatan pendidikan anak usia dini hendaknya memperhatikan 9 kemampuan belajar anak.
1. Kecerdasan linguistik
Meliputi kemampuan membaca, menulis,mendengar, berbicara, berdiskusi, bercerita.
2. Kecerdasan logika matematika
Meliputi kemampuan menganalisis data , memegang benda-benda.
3. Kecerdasan visual spesial
Suatu kemampuan ruang yang dapat di rangsang dengan bermain balok-balok dan geometri.
4. Kecerdasan musikal
5. Kecerdasan kinestetik
6. Kecerdasan naturalis
Kemampuan cinta akan keindahan alam
7. Kecerdasan inter personal
Kemampuan melakukan hubungan antar anak.
8. Kecerdasan intra personal
Kemampuan memahami diri sendiri
9. Kecerdasan spiritual
Kemampuan mengenal dan mencintai ciptaan tuhan. di rangsang melalui pemahaman nilai moral dan agama.

Dengan begitu, kita dapat memantau perkembangan anak. dan pengetahuan ini sangat bagi orang tua dan calon orang tua.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar: