Dalam menyusun rencana kegiatan pendidikan di arahkan dalam 3 peran pendidikan anak usia dini.
1. Pendidikan sebagai proses belajar dalam diri anak
2. Pendidikan sebagai proses sosialisasi
Pendidikan bukan hanya mencerdaskan dan membuat anak terampil tetapi juga membuat anak menjadi manusia yang bertanggung jawab,beretika. Sehingga mempersiapkan anak mampu hidup sesuai dengan tuntutan zaman. Beri anak kesempatan untuk belajar secara optimal kapan saja dan dimana saja. jangan larang anak untuk belajar sesuatu karena bisa mematikan fungsi otaknya.
3. Pendidikan sebagai proses kerjasama peran
Dengan demikian anak akan mengetahui bahwa manusia adalah makhluk sosial.
Kegiatan pendidikan anak usia dini hendaknya memperhatikan 9 kemampuan belajar anak.
1. Kecerdasan linguistik
Meliputi kemampuan membaca, menulis,mendengar, berbicara, berdiskusi, bercerita.
2. Kecerdasan logika matematika
Meliputi kemampuan menganalisis data , memegang benda-benda.
3. Kecerdasan visual spesial
Suatu kemampuan ruang yang dapat di rangsang dengan bermain balok-balok dan geometri.
4. Kecerdasan musikal
5. Kecerdasan kinestetik
6. Kecerdasan naturalis
Kemampuan cinta akan keindahan alam
7. Kecerdasan inter personal
Kemampuan melakukan hubungan antar anak.
8. Kecerdasan intra personal
Kemampuan memahami diri sendiri
9. Kecerdasan spiritual
Kemampuan mengenal dan mencintai ciptaan tuhan. di rangsang melalui pemahaman nilai moral dan agama.
Dengan begitu, kita dapat memantau perkembangan anak. dan pengetahuan ini sangat bagi orang tua dan calon orang tua.
1. Pendidikan sebagai proses belajar dalam diri anak
2. Pendidikan sebagai proses sosialisasi
Pendidikan bukan hanya mencerdaskan dan membuat anak terampil tetapi juga membuat anak menjadi manusia yang bertanggung jawab,beretika. Sehingga mempersiapkan anak mampu hidup sesuai dengan tuntutan zaman. Beri anak kesempatan untuk belajar secara optimal kapan saja dan dimana saja. jangan larang anak untuk belajar sesuatu karena bisa mematikan fungsi otaknya.
3. Pendidikan sebagai proses kerjasama peran
Dengan demikian anak akan mengetahui bahwa manusia adalah makhluk sosial.
Kegiatan pendidikan anak usia dini hendaknya memperhatikan 9 kemampuan belajar anak.
1. Kecerdasan linguistik
Meliputi kemampuan membaca, menulis,mendengar, berbicara, berdiskusi, bercerita.
2. Kecerdasan logika matematika
Meliputi kemampuan menganalisis data , memegang benda-benda.
3. Kecerdasan visual spesial
Suatu kemampuan ruang yang dapat di rangsang dengan bermain balok-balok dan geometri.
4. Kecerdasan musikal
5. Kecerdasan kinestetik
6. Kecerdasan naturalis
Kemampuan cinta akan keindahan alam
7. Kecerdasan inter personal
Kemampuan melakukan hubungan antar anak.
8. Kecerdasan intra personal
Kemampuan memahami diri sendiri
9. Kecerdasan spiritual
Kemampuan mengenal dan mencintai ciptaan tuhan. di rangsang melalui pemahaman nilai moral dan agama.
Dengan begitu, kita dapat memantau perkembangan anak. dan pengetahuan ini sangat bagi orang tua dan calon orang tua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar